Tips Mudah Membuat Judul Kolom Tabel Vertikal di Microsoft Word

Bookmark and Share
Saat kita membuat tabel di Microsoft Word, Terkadang tabel yang kita buat hanya berupa checklist, Atau hanya memiliki isi yang relatif sedikit atau lebih pendek jika di bandingkan dengan judul kolom, Sehingga bila  kolom yang pendek di tampilkan banyak maka akan sangat memakan tempat atau lebar halaman. Untuk menghemat penggunaan lebar halaman maka judul kolom tersebut sebaiknya di buat secara vertical.

Sebagai contohnya lihat gambar di bawah ini. Pada gambar tersebut terlihat dimana kolom untuk support for goal nuber 1. support for goal number 2 dan seterusnya sangat memakan tempat dan tidak cukup di tampilkan didalam kertas, Padahal isi kolom tersebut cuma X saja. Untuk membuat judul kolom vertical pada tabel Microsoft Word 2007 Anda bisa menggunakan Langkah-langkah seperti berikut.

A. - Tips Membuat Teks Vertikal Dengan menggunakan Ribbon

1. Blok terlaebih dahulu cell yang akan di buat menjadi (vertical alignment).

2. Kemudian pada menu (Table Tools) pilih ribbon (Layout).

3. Lalu klki tombol (Text Direction) Tulisan akan menjadi Dari atas ke Bawah. Apabila anda klik sekali lagi maka teks akan menjadi dari bawah ke Atas. apabila anda klik sekali lagi maka teks akan kembali dari Kiri ke Kanan.

 

4. Pilihan salah satu bentuk dari teks yang anda inginkan Misalnya, Teks ditampilkan dengan bentuk arah dari bawah ke Atas.

5. Setelah itu aturlah format cell untuk judul kolom tersebut termasuk juga lebar dari Masing-masing kolom tersebut sesuai dengan tampilan yang anda Inginkan. 

6. Sekarang Tabel telah menjadi lebih baik dan lebih jelas untuk di baca jika di bandingkan dengan bentuk tabel sebelumnya seperti yang terlihat pada contoh gambar di bawah ini.

 

B. - Tips Menggunakan Popup Menu

1. Blok terlebih dahulu cell table yang akan dibuat menjadi (vertical alignment).

2. Lalu klik tombol kanan mouse pada cell yang telah diseleksi.

3. Kemudian pilih item Menu (Text Direction).

4. Selanjutnya anda akan di berikan sebuah jendela (dialog Text Direction) Dan silahkan anda pilih bentu sesuai yang anda inginkan. Apakah berbentuk tulisan dari atas ke bawah Atau bentuk teks dari bawah ke atas. Agar sama dengan cara pertama di atas, Anda pilih bentuk Teks dari bawah ke Atas.

5. Lalu klik Ok.

6. Sekarang Teks anda akan berubah sesuai dengan pilihan anda pada kotak dialog tersebut.

C. - Tips Membuat Judul Kolom Tabel Menjadi Vertical  

Apabila anda tidak ingin memiliki judul kolom vertical yang terlalu tinggi, Maka anda bisa menyingkat judul kolom tersebut Atau membuat kolom tersebut menjadi dua baris maupun lebih.  

Sekian saja Tips Mudah Membuat Judul Kolom Tabel Vertikal di Microsoft Word ini, Terimakasih anda telah membaca nya semoga anda berhasil dan sangat bermanfaat untuk kita semua. Sebagai sumber artikel ini http://www.cara.aimyaya.com  By http://karya-mandau.blogspot.com/2012/12/tips-mudah-membuat-judul-kolom-tabel.html  

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar