Tips Mudah Membuat Garis Vertikal Sejajar di Microsoft Word

Bookmark and Share
Di Saat mengerjakan laporan atau tugas,Kita sering menggunakan cover atau sampul depan yang di beri garis vertikal sejajar. yang biasanya di dalam bentuk tiga garis vertikal sejajar di mana ada satu garis yang paling besar ukuranya yang berada di tengah, Sedangkan dua garis lainya yang berukuran sama berada di samping. Untuk membuat ketiga garis tersebut, Di Microsoft Word Anda bisa menggunakan Tips dan Langkah-langkah berikut ini.

1. Simpan kursor teks di halaman yang akan menjadi sampul atau cover dokumen.

2. Lalu klik menu ribbon (Insert).

3. Kemudian pilih (shape) Dan anda akan di berikan daftear objek yang tersedia yang bisa anda Sisipkan dalam Dokumen.

 

4. Seterusnya pilih objek Atau shape (Garis).

5. Lalu klik dan drag pada dokumen untuk membuat sebuah garis vertikal pendek.

6. Dan pilih objek garis tersebut lalu (Copy + Paste) untuk membuat sebuah garis yang panjangnya sama. Langkah cepatnya anda gunakan keyboard shortcut (CTRL + C) Lalu (CTRL + V) Dan kalau yang mau lebih cepat lagi anda gunakan saja (CTRL + D).

7. Kemudian anda buat lagi sebuah garis vertikal yang lebih panjang. Dan anda bisa menggunakan cara (Copy + Paste) lagi lalu hasil objek garis yang baru di drag, untuk di buat lebih panjang. Atau anda gunakan lagi cara membuat garis vertikal seperti yang ada pada Langkah dua sampai langkah lima yang di Atas. Dengan demikian anda telah memiliki tiga buah garis vertikal, Satu buah garis vertikal panjang dan dua buah garis vertikal pendek.

 

8. Setelah memiliki tiga buah garis, Pilih atau klik Garis yang pendek.

9. Kemudian sambil menekan tombol (SHIFT) Klik garis yang pendek dan yang satu nya lagi, Sehingga anda sekarang memilih dua buah garis pendek (Simak gambar yang di atas, pada garis pendek, Ada lingkaran hijau kecil).

10. Kemudian pilih menu (Drwing Tools) Kemudian pilih ribbon (format).

11. Dan pada bagian kanan ribbon pilih (align).

 

12. Kemudian pada popup menu yang di munculkan pilih item (Align Middle).

13. Lalu klik kanan pada salah satu garis pendek tersebut.

14. Terus pada popup menu pilih item (Grouping) Lalu pilih sub item menu (Group).

15 Sampai di sisni, Anda hampir selesai, Untuk mempercantik tampilan, Aturlah terlebih dahulu jenis dan ketebalan garis vertikal pendek dan yang panjang tersebut. Dan untuk mengaturnya klik terlebih dahulu objek garis tersebut, Lalu anda bisa menggunakan tool yang berada pada menu (Drawing Tools) Pada ribbon (format) Atau klik kanan objek garis tersebut dan pilih item menu (format object) Atau (format shape).

16. Dan setelah mengatur tampilan Garis, Anda klik garis pendek.

17. Kemudian sambil menekan tombol (SHIFT) Anda klik garis yang panjang.

 

18. Lalu pilih menu (Drawing Tools) Dan pilih ribbon (format).

19. Kemudian pada bagian kanan ribbon, Pilih (Align Center).

20. Seterusnya, Ulangi lagi menekan tombol (Align) Tetapi kali ini anda pilih (Align Middle).

21. Lalu klik kanan pada salah satu garis tersebut. Nah, Kembali kita buat group dengan cara memilih (grouping) Dan klik sub item (group).

 

22. Kemudian perbesar lebar jarak antar garis pendek dengan garis panjang dengan meng klik dan men drag kotak biru kecil yang berada di sisi kanan atau di sisi kiri. Atau apabila kurang tinggi maka anda klik dan drag yang berada di sisi atas atau di bawah objek yang telah ada di group tersebut.

23. Selanjutnya anda tinggal mengatur posisi objek di dalam dokumen.

Sekian terimaksih anda telah membaca Tips Mudah Membuat Garis Vertikal Sejajar di Microsoft Word ini, Semoga anda berhasil dan bermanfaat untuk kita semua. Sebagai sumber artikel ini http://www.cara.aimyaya.com by http://karya-mandau.blogspot.com/

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar