Tips Membuat Judul Tabel (Header Row) ikut Ditampilkan Pada Halaman Berikutnya

Bookmark and Share
Apabila kita memiliki tabel dengan jumlah baris yang banyak, Hingga tidak mencukupi berada pada satu halaman dan harus berlanjut pada halaman berikutnya, Maka hal yang dapat kita lakukan adalah menyisipkan kembali (header row) Atau (Judul kolom) Yang biasanya berada pada baris awal tabel. tidak ada yang bermasalah dengan hal tersebut.

Tetapi apabila kita hendak mengganti kertas, Atau ada perubahan terhadap dokumen yang terletak pada bagian atas tabel sehingga bisa berakibat pada perubahan posisi teks dan halaman, Maka kita akan bisa menjadi repot karena kita harus mengatur ulang lagi judul kolom atau header tabel kita.

Sebenarnya ada Cara yang Praktis untuk mengatasi masalah memunculkan header tabel pada setiap awal halaman baru. Dan Microsoft Word telah menyediakan fasilitas Untuk itu. Dan anda bisa mengikuti Langkah-langkah berikut ini untuk membuat agar judul tabel atau header bisa tampil jika ternyata saat menampilkan tabel, Terjadi pergantian halaman.

1. Pilih baris pada awal tabel yang akan dijadikan judul tabel.

2. Kemudian pada menu (Table Tools) Pilih ribbon (Layout).

3. Lalu klik tombol (Properties) Yang terletak di bagian Kiri.

4. Terus Langkah 2 dan 3 yang di atas bisa anda ganti dengan Cara:
  •  Klik tombol kanan Mouse pada tabel.
  •  Pilih item (Table Properties).
5. Kemudian anda akan di berikan sebuah (dialog Table Properties).

6. Lalu pada dialog tersebut pilih tab (Row).

 

7. Lalu berikan tanda check pada opsi (Repeat as header row at the top of each page) Untuk membuat baris yang telah anda pilih tadi, Maka akan diulangi pada bagian atas disetiap awal halaman yang baru (Selama masih ada Tabel nya).

8. Kemudian klik Ok untuk menyimpan Konfigurasi tabel.

9. Apabila tabel anda sangat panjang dan membutuhkan lebih dari satu halaman, Anda akan melihat bahwa baris yang telah anda pilih tadi akan menjadi baris disetiap awal halaman.

Selain cara yang diatas, Anda bisa memunculkan kepala beris (header row) pada lanjutan atau sambungan tabel yang ada di halaman berikutnya dengan cara mengatur (Konfigurasi Repead Header Rows) Melalui ribbon seperti Langkah-langkah berikut ini.

1. Pilih atau blok cell / baris yang akan dibuat menjadi kepala baris (Header Row).

2. Lalu klik tab ribbon (Layout).

3. Kemudian klik tombol (Repeat Header Rows) Yang berada di grup (data).

4. Selanjutnya, Baris yang telah dipilih akan dimunculkan kembali jika ada sambungan tabel dihalaman berikutnya.

 

Tips Membuat Header Row Dari Tabel Untuk Muncul Disetiap Halaman

  • Anda dapat memilih satu atau lebih baris yang akan dijadikan header tabel dengan syarat baris tersebut merupakan baris ke 1, ke 2, Dan seterusnya. 
  • Dengan kata lain, Apabila anda ingin baris ke 3 ikut muncul, Maka anda harus mengikut sertakan baris ke 2 dan baris pertama dari tabel.
Selesai terimakasih anda telah membaca Tips Membuat Judul Tabel (Header Row) ikut Ditampilkan Pada Halaman Berikutnya ini, Semoga berhasil dan sangat bermanfaat untuk kita semua. sebagai sumber artikel ini http://www.cara.aimyaya.com. By http://karya-mandau.blogspot.com/2012/12/tips-membuat-judul-tabel-header-row.html        

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar