Lebih Dekat dengan HTC Windows Phone 8X dan 8S

Bookmark and Share



 - Kamis (8/11/2012), HTC resmi meluncurkan Windows Phone 8X dan Windows Phone 8S di Indonesia. Dua kakak beradik smartphone ini sama-sama mengusung sistem operasi Windows 8 dan diperkuat prosesor Snapdragon S4 dari Qualcomm. Apa yang menjadi perbedaan di antara keduanya?
HTC-1

Yang tampak jelas, adalah dimensi fisik kedua smartphone. WIndows Phone 8X tampak lebih panjang dibandingkan "adiknya", sementara lebar mereka hanya berselisih 3mm. Keduanya sama-sama ramping dengan ketebalan sekitar 1 cm. Untuk bobot, Windows Phone 8X memiliki berat 130 gram sedangkan saudaranya lebih ringan 17 gram.
Meski begitu, soal kualitas tampilan layar, Windows Phone 8X jauh lebih superior dengan menampilkan 1280x720 pixel di layar 4,3 inci miliknya. "Tingkat kepadatan pixelnya 342 ppi, lebih tinggi dari iPhone 5 sekalipun dan merupakan layar smartphone berbasis Windows Phone 8 yang paling tajam," ujar Head of Product Portfolio HTC South Asia saat mendemostrasikan perangkat ini di kantor HTC, bilangan Semanggi, Jakarta.
HTC-10
(Gambar: oik yusuf/ kompas.com)

HTC Windows Phone 8S memiliki layar 4 inci yang lebih kecil dengan resolusi 800x480 (223 ppi) dan tampilan layarnya bisa dikatakan termasuk bagus. Layar kedua smartphone ini dilapis dengan Gorilla Glass untuk menambah ketahanan terhadap goresan.

Baik WIndows Phone 8X maupun 8S sama-sama menawarkan ukuran layar yang lega tetapi tidak terlalu besar sehingga masih mudah dimasukkan dalam kantong celana. Ukuran mereka masih lebih kecil dari, katakanlah, seri One X yang sama-sama dibuat oleh HTC.

HTC-7
HTC Windows Phone 8X tersedia dalam warna California Blue, Graphite Black, Flame Red, dan Limelight Yellow(Gambar: oik yusuf/ kompas.com)

Ketika digenggam, kedua smartphone Windows Phone 8 tersebut terasa nyaman di tangan. Desain pinggiran membulat dipadu tekstur matte yang tidak licin membuat HTC Windows Phone 8X dan 8S terasa mantap dalam pegangan.
"Bukan hanya itu, desain unibody dua perangkat ini membuatnya tahan banting," papar Zhang, seraya menjatuhkan sebuah HTC Windows 8X ke meja kayu dari ketinggian sekitar 40 cm.

Di dalamnya, HTC Windows Phone 8X diperkuat prosesor dual-core Qualcomm Snapdragon S4 berkecepatan 1,5 GHz dipadu RAM 1 GB. Untuk penyimpanan, disediakan memori internal 16 GB tanpa slot micro-SD. Zhang mengatakan, jumlah itu sudah cukup untuk kebanyakan pengguna. "Lagipula, tersedia layanan cloud storage Skydrive dari Microsoft yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan data,"  ujarnya.

HTC-1-1
HTC Windows Phone 8X (kiri) masih lebih kecil dibandingkan HTC One X+ yang memiliki bentang layar 4,7 inci, tetapi keduanya memiliki unit kamera yang sama (Gambar: oik yusuf/ kompas.com)

Adapun HTC Windows Phone 8S hanya dibekali kapasitas memori internal 4 GB, tetapi dibekali slot micro-SD untuk ekspansi storage hingga 32 GB. Prosesor yang digunakan adalah Qualcomm Snapdragon S4 dual core berkecepatan 1 GHz, dengan RAM 512 MB. "Spesifikasi itu sudah cukup untuk menjalankan Windows Phone 8 dengan mulus karena OS ini juga efisien berkat optimalisasi software dan hardware," lanjut Zhang lagi.

Salah satu fitur unik adalah kamera kedua pada Windows Phone 8X yang memiliki sudut pandang ultra wide angle dengan sudut pandang selebar 88 derajat. "Tujuannya adalah agar pengguna bisa lebih mudah membidik dan mengambil gambar groupshot dengan kamera depan, karena itu adalah salah satu skenario penggunaan yang populer," jelas Zhang.

Saat didemonstrasikan, kamera  depan HTC WIndows Phone 8x yang diklaim tiga kali lebih lebar ini memang memiliki sudut pandang yang luas. Smartphone tersebut misalnya, dengan mudah mengambil gambar medium close-up tiga orang dari jarak kurang dari 1,5 m.

HTC-9
HTC Windows Phone 8x (kanan) dan Windows Phone 8s (Gambar: oik yusuf/ kompas.com)

Kamera belakang pada Windows Phone 8X dicomot dari HTC One X, yaitu unit 8 megapixel dengan lensa f 2.0. Hasil gambarnya pun mirip, dengan sedikit pengecualian kontrol yang lebih sedikit pada Windows Phone 8X. Smartphone ini juga memiliki "plugin" efek lensa yang bisa di-download. Unit kamera pada Windows Phone 8S memiliki resolusi 5 megapixel. Kedua smartphone dilengkapi LED flash.
Dengan sistem operasi Windows Phone 8, baik HTC WIndows Phone 8X maupun WIndows Phone 8S menampilkan interface live tiles yang mampu menyajikan update informasi secara realtime. Hal tersebut, menurut Zhang, akan sangat mempermudah pengguna yang membutuhkan informasi terkini dengan cepat. "Saat menawar barang di e-bay misalnya, bisa langsung ketahuan apabila harga kita dilewati orang lain."

HTC-8
HTC Windows Phone 8s tersedia dalam warna Domino, Fiesta Red, Atlantic Blue, dan High-rise Gray (Gambar: oik yusuf/ kompas.com)

Windows Phone 8 juga dilengkapi fasilitas unggulan lain berupa "People Hub", yang membuat pengguna bisa langsung terhubung ke teman dan keluarga dan memperbarui informasi tentang mereka. People Hub terintegrasi dengan berbagai jejaring sosial.
Dua hal lainnya yang tersedia pada HTC Windows Phone 8X dan 8S adalah browser Internet Explorer 10 dan suite Office 2013 yang bahkan, saat ponsel ini diluncurkan, belum ada pada komputer desktop.

Zhang yakin HTC bakal menuai sukses dari dua produk Windows Phone 8 ini. "Windows Phone 7 tidak bisa dibilang berhasil, tetapi Windows Phone 8 akan berkembang menjadi sistem operasi terbesar ketiga seperti yang diprediksi oleh firma-firma analis besar," pungkasnya. 

sumber

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar