Keren! Ini 7 Penemuan Kedokteran Tercanggih Tahun Ini

Bookmark and Share
Sekarang dunia kedokteran semakin canggih. Berbagai penyakit yang sebelumnya sulit disembuhkan sudah dapat diatasi. Peralatan kedokteran juga semakin praktis. Ada beberapa inovasi yang digadang-gadang sebagai penemuan medis terbaik untuk tahun 2013.

Untuk menentukan inovasi-inovasi ini, tim peneliti dipimpin kepala Bariatric and Metabolic Institute di Cleveland Clinic, dr Philip Schauer. Hasil penilaiannya dimuat dalam New England Journal of Medicine.
1. Operasi BariatrikPara dokter dan peneliti memilih operasi bariatrik untuk menurunkan berat badan ini sebagai inovasi terbaik. Bukan karena efektivitasnya dalam mengurangi obesitas, tetapi karena kemampuannya mengontrol diabetes tipe 2, penyakit yang paling banyak menjangkiti orang-orang obesitas.

Selama bertahun-tahun, ahli bedah bariatrik melihat bahwa prosedur ini sering berhasil menyingkirkan diabetes tipe 2 pada pasien obesitas. Apalagi jumlah orang yang terkena diabetes telah meningkat 3 kali lipat selama 30 tahun di AS. Sebanyak lebih dari 90% kasus diabetes adalah diabetes tipe 2
.
undefined 
2. Implan pereda sakit kepalaPereda sakit kepala ini bukan sembarang alat. Bentuknya kecil dan ditanamkan dalam bahan serupa permen karet atas di atas gigi geraham untuk mengobati sakit kepala dan migren. Ketika pasien merasa sakit kepala, remote control yang diletakkan di pipi akan memberikan stimulasi saraf untuk memblokir nyeri.

"Implan ini telah tersedia di Eropa, tetapi tidak di Amerika Serikat. Perusahaan perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan persetujuan FDA," kata Dr Frank Papay, Ketua Departemen Dermatologi dan Operasi Plastik di Cleveland Clinic.
 

undefined Pendeteksi kanker kulit.
3. Perangkat pendeteksi kanker kulitUmumnya orang mendeteksi adanya kanker kulit atau melanoma hanya dengan mata telanjang saja. Membandingkan tahi lalat dan kelainan pada kulit dengan database berisi kriteria melanoma yang rumit jelas memakan waktu dan merepotkan. Oleh karena itu, Cleveland Clinic menemukan perangkat khusus.

"Perangkat ini menawarkan tampilan yang objektif di bawah kulit menggunakan spektrum cahaya khusus. Semua dokter kulit takut keliru mendeteksi melanoma. Tingkat kesembuhannya bisa hampir 100 persen jika diketahui sejak awal," kata dr Allison Vidimos, Ketua Departemen Dermatologi di Cleveland Clinic
Alat mamografi 
4. Alat mamografi baruSelain alat mamografi yang konvensional, ada perangkat mamografi jenis baru yang disebut breast tomosynthesis. Teknologi ini mampu menghasilkan gambaran yang lebih rinci daripada mamografi standar yang menghasilkan gambar 2 dimensi.

"Pada mamografi 2 dimensi, ada bayangan yang membuat tampilan hasil pemeriksaan terlihat seperti beruang kutub yang berjalan dalam badai salju. Alat mamografi baru ini menghilangkan bayangan yang meningkatkan hasil deteksi," kata Dr Alice Rim, kepala bagian radiologi diagnostik Cleveland Clinic.

undefined Spektrometri infeksi bakteri.
5. Spektrometri infeksi bakteriPerangkat lain yang dimuat dalam daftar adalah spektrometri massa infeksi bakteri. Alat ini memungkinkan laboratorium mikrobiologi mengidentifikasi jenis bakteri lebih cepat.
 
Obat 
6. Obat penghalau kanker prostatPengobatan baru untuk mengobati kanker prostat lanjut ikut nangkring dalam daftar karena kemampuannya menghentikan perkembangan penyakit dengan cara menghalangi reseptor testosteron. Obat ini disebut radium-223 dichloride dan akan disetujui pemakaiannya tahun depan.


undefined Ex vivo lung perfusion
7. Ex vivo lung perfusionEx vivo lung perfusion merupakan teknik baru untuk memperbaiki dan memicu regenerasi sel paru-paru yang rusak. Para ahli mengatakan bahwa sebanyak 40% paru-paru dari donor ditolak oleh penerima. Dengan metode ini, paru-paru donor akan dapat lebih cocok.

Prosedur ini dilakukan dengan cara meletakkan paru-paru donor ke dalam ruang seperti gelembung yang terhubung dengan pompa cardiopulmonary dan ventilator. Selama 4-6 jam, paru-paru diperbaiki menggunakan cairan khusus yang dialirkan melalui pembuluh darah. Nutrisi ini digunakan untuk memperbaiki paru-paru saat mengembang dan mengempis.

sumber

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar