Jenis Buah Dan Sayuran Yang Mengandung Asam Folat

Bookmark and Share
Sumber dari Asam Folat Yaitu mengandung vitamin B9, Yang sangat penting untuk berbagai fungsi tubuh, mulai dari (sintesis nukleotid ke remetilasi homocysteine) vitamin ini penting pada period pembelahan dan pertumbuhan pada sel. Anak-anak/dewasa memerlukan asam Folat untuk memproduksi sel darah merah dan juga mencegah anemia.

Kebutuhan asam Folat ini buat Ibu hamil juga sangat penting, Karena asupan Asam Folat yang cukup sebelum dan selama kehamilan dan akan mencegah timbulnya kecacatan tabung saraf (Neural tube Devects) NTDS pada bayi yaitu Spina bifida (Kelainan pada tulang belakang) dan anencephaly (Kelainan di mana Otak tidak terbentuk) Dengan asupan asam Folat yang cukup pada masa sebelum dan selama kehamilan yaitu sekitar (0,4 - 0,8 mg perhari) Resiko timbulnya NTDs pada bayi dapat di turunkan hingga (80 %).


Bagi wanita yang berencana untuk hamil perlu mengkomsumsi Asam Folat secara cukup. Minimal 4 bulan sebelum ke hamilan, Karena kekurangan Asam Folat berisiko pada bayi lahir dengan cacat pada sistem saraf (Otak) Atau cacat tabung saraf (Neural tube Deffect).

Asam Folat Di dalam makanan:    

Asam Folat Terdapat pada sayuran yang berdaun seperti bayam, Lobak Cina, Kacang kering dan kacang polong, Sereal, Biji Bunga matahari, Serta buah-buahan dan sayuran yang tertentu seperti Kentang, Tomat, Jeruk, Adalah sumber yang kaya akan Folat. Telur, Hati dan Produk-produk Gandum juga termasuk bahan makanan yang mengandung banyak Asam Folat nya.

Asam Folat Ini Sangat sensitif terhadap cahaya, Oksigen, dan Suhu yang tinggi. karena dia juga cepat larut kedalam air. Jika bahan makanan yang mengandung asam folat di cuci. maka sering terjadi asam folat tersebut akan hilang larut pada air. maka justru itu orang sering kekurangan vitamin B9. Karena itu di sarankan untuk mengkomsumsi sayur-sayuran yang mengandung asam folat untuk di komsumsi dalam bentuk mentah seperti di salad.

Cukup mudah untuk menemukan makanan yang mengandung asam folat yang alami. sebagian besar makanan tersebut sudah biaasa kita konsumsi setiap harinya.

1.- Sayur-sayuran:

Sayur-sayuran yang mengandung asam folat antara lain adalah Bayam, Kangkung, Brokoli, Daun bawang, dan kentang.

2.- Buah-buahan:

Buah-buahan yang mengandung asam folat di antara nya adalah Pisang, Jeruk, Tomat, Buah Bit, dan yang lainya.

3.- Kacang-kacangan:

Hampir semua jenis kacang-kacangan yang mengandung asam folat. diantaranya adalah kedelai, Kacang panjang, Kacang polong, Kacang tanah, dan berbagai kacang yang lainya.

Jangan lupa bahwa asam folat adalah vitamin yang sangat sesitif terhadap cahaya, Oksigen, dan pada suhu yang tinggi. maka dari itu di sarankan mengkomsumsi makanan yang mengandung asam folat dalam kondisi mentah seperti salad, dan jika butuh di masak jangan di masak terlalu lama atau terlalu matang untuk mencegah berkurangnya kandungan asam folat tersebut.

Sekian saja terimakasih saya http://karya-mandau.blogspot.com/2012/11/jenis-buah-dan-sayuran-yang-mengandung.html.
    

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar