Ini Dia Kelebihan Nasi Merah dan Belalang Goreng Bagi Kesehatan

Bookmark and Share

 

 
 Saat ini mungkin makanan tradisional seperti nasi merah dan belalang goreng mulai ditinggalkan oleh masyarakat, karena banyak orang lebih memilih makanan Barat. Padahal banyak zat gizi yang terdapat di dalam makanan lokal ini.

"Makin banyak orang yang kena penyakit tidak menular yang sebenarnya bisa dicegah dengan pola makan bagus dan memilih makanan yang benar. Belilah dan makan pangan lokal," ujar Prof dr Ahmad Sulaiman, ahli pangan dari IPB dalam acara Jelajah Gizi Sarihusada di Gunung Kidul, Yogyakarta, Jumat (2/11/2012).

Prof Ahmad menuturkan seperti halnya makanan lokal di Gunung Kidul yaitu beras merah dan belalang goreng. Beras merah bisa dibilang makanan yang mendekati organik secara alami, karena ia jarang disemprot (pestisida) dan jarang dipupuk sehingga mendekati organik.

Selain itu, kulit ari yang masih terdapat di dalam beras merah ini juga mengandung serat yang membuat beras merah seratnya 2 kali lipat dibanding beras putih, mengandung asam lemak esensial dan kadar zat besi yang lebih tinggi.

"Yang paling penting kandungan tiamin atau vitamin B1-nya, yang berfungsi dalam metabolisme karbohidrat atau energi dan juga neurotransmitter," ujar Prof Ahmad.

Prof Ahmad menuturkan Gunung Kidul dikenal dengan angka depresi dan bunuh diri yang terbilang tinggi, kemungkinan hal ini karena masyarakatnya sudah meninggalkan makanan lokal ini. Karena kekurangan zat-zat gizi ini bisa mencegah depresi.

Kelebihan lain dari beras merah ini adalah mengandung selenium yang penting untuk berbagai enzim dan kandungan protein dari beras merah lebih tinggi ketimbang nasi putih.

Sedangkan warna merah dalam nasi merah ini mengandung pigmen yang mengandung antioksidan yang bisa mencegah proses oksidasi lemak yang dapat menciptakan radikal bebas. Serta kadar indeks glikemiknya rendah sehingga tidak cepat menaikkan kadar gula darah.

Makanan lain yang cukup dikenal adalah belalang goreng. Makanan khas Gunung Kidul ini diketahui bisa menjadi sumber protein yang baik dan bahkan tidak kalah dengan daging sapi.

"Kulit dari belalang ini sama seperti udang yang mengandung kitosan dan kadar vitamin A, namun vitamin A ini tergantung dari musim saat belalang tersebut diambil," tutur Prof Ahmad.

Untuk masyarakat sebaiknya tetap mempertahankan konsumsi makanan lokal. Karena beberapa makanan lokal ini diketahui mengandung zat-zat gizi yang baik untuk kesehatan tubuh.

sumber

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar