Hasil Race Motogp Valencia : Pedrosa Juara Di Negeri Sendiri

Bookmark and Share

 
Dani Pedrosa menjadi yang tercepat di Valencia

Dani Pedrosa menjuarai balapan MotoGP Valencia setelah memulai balapannya dari pitlane dengan tetap tampil agresif di kondisi lintasan yang mengering, sehingga menyebabkannya mengorbankan posisi pole-nya untuk mengganti motor karena memutuskan menggunakan ban slick.


Setelah melakukan putaran pemanasan empat pembalap memutuskan untuk menggunakan ban slick, yaitu Dani Pedrosa, Carl Crutchlow, Nicky Hayden dan Alvaro Bautista.

Dani Pedrosa memenangkan balapan MotoGP terakhir yang kacau di Valencia saat Jorge Lorenzo mengalami kecelakaan hebat saat memimpin balapan MotoGP.

Pembalap Yamaha tersebut berada di bawah tekanan Pedrosa ketika ia berusaha meng-overlap James Ellison. Tiba-tiba motornya tergelincir karena melintas lintasan sirkuit yang basah, Lorenzo kehilangan kendali pada bagian belakang motor, setelah berjuang untuk tidak terjatuh dan menyelamatkan motornya, akhirnya ia terpelanting dan terjatuh hebat di bagian punggungnya sebelum meluncur keluar lintasan menuju gravel.

Kejadian tersebut menyebabkan Pedrosa melenggangkan lajunya untuk meraih kemenangan pada tim dan konstruktor Honda, unggul lebih dari 20 detik di sirkuit setelah balapan MotoGP yang penuh drama bahkan sebelum lampu start padam.

Ketika sirkuit mulai mengering menyebabkan kebingungan dan pada menit-menit awal balapan MotoGP terjadi pergantian ban di pitlane. Saat mayoritas pembalap memilih menggunakan ban basah, Lorenzo berjudi dengan keputusannya dengan tetap menggunakan ban slick yang ternyata merupakan keputusan yang tepat untuknya.

Beberapa pembalap, termasuk diantaranya Pedrosa, menyadari hal itu saat lap pemanasan bahwa mereka perlu mengikuti keputusan itu sehingga ia memutuskan masuk pit seusai putaran pemanasan dan memulai balapan MotoGP Valencia dari pitlane.

Pedrosa kehilangan posisi polenya tetapi keputusan itu tampaknya tepat karena ia tidak harus kehilangan 25 detik ketika para pembalap yang menggunakan ban basah memutuskan mengganti ke ban slick setelah melintasi beberapa lap mengganti ke set-up motor kering.

Lorenzo awalnya tertinggal ke posisi 11 seusai start balapan MotoGP ketika ban slick memerlukan penyesuaian suhu, tetapi ia segera merangkak ke posisi kelima dan pada akhir putaran ketiga setelah kemudian memimpin balapan MotoGP sampai kemudian ia terjatuh.

Balapan MotoGP kali ini juga menampilkan pertama kalinya dalam sejarah MotoGP pembalap CRT mampu memimpin balapan MotoGP dengan pembalap Aleix Espargaro pada awalnya pembukaan.

Pembalap Spanyol itu bahkan memiliki kecepatan untuk menyalip kembali Andrea Dovizioso yang menantangnya, tetapi ketika lintasan mengering dan ia mengganti bannya hanya membutuhkan sepuluh lap kemudian dirinya di overlap oleh Lorenzo.

Beberapa pembalap menjadi korban dalam kondisi sirkuit yang berbahaya tersebut, termasuk diantaranya Cal Crutchlow, yang terjatuh saat tersisa tujuh lap ketika berada di posisi kedua.

Kesialan yang dialami pembalap Inggris tersebut menjadikan keuntungan tersendiri untuk pembalap Jepang, Katsuyuki Nakasaga yang menggantikan Ben Spies di Yamaha selama akhir pekan, pembalap Jepang itu bertahan di posisi kedua sampai bendera finish dikibarkan.

Tampaknya ia dan Pedrosa bersama dengan pembalap Gresini, Alvaro Bautista akan berada di podium, tetapi serangan Casey Stoner setelah sempat masuk pitlane berhasil menyalipnya dan merayakan podium terakhirnya dalam karier gemilangnya di balapan MotoGP.

Michele Pirro membalap dengan luar biasa untuk berada di posisi kelima untuk tim Gresini CRT FTR-Honda, di depan pembalap Tech 3 Dovizioso yang harus kehilangan waktu ketika juga termasuk pembalap yang memutuskan masuk pitlane dari Karel Abraham dan Danilo Petrucci.

Pada balapan MotoGP terakhirnya untuk Ducati, Valentino Rossi hanya berhasil berada di posisi kesepuluh.

Ia di overtake saat balapan MotoGP tersisa 14 lap sebelum finish, sebuah akhir dari kisah dua tahun yang mengecewakan di atas motor Ducati pabrikan berbasis di Italia tersebut.

Hasil Balapan MotoGP Valencia Spanyol 2012

1. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda (RC213V) 48m 23.819s
2. Katsuyuki Nakasuga JPN Yamaha Factory Racing (YZR-M1) 49m 1.480s
3. Casey Stoner AUS Repsol Honda (RC213V) 49m 24.452s
4. Alvaro Bautista ESP San Carlo Honda Gresini (RC213V) 49m 26.630s
5. Michele Pirro ITA San Carlo Honda Gresini (FTR-Honda CRT) 49m 50.427s
6. Andrea Dovizioso ITA Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 49m 54.242s
7. Karel Abraham CZE Cardion AB Motoracing (GP12) 49m 55.608s
8. Danilo Petrucci ITA Came IodaRacing (Suter-BMW CRT) 1 lap
9. James Ellison GBR Paul Bird Motorsport (ART CRT) 1 lap
10. Valentino Rossi ITA Ducati Team (GP12) 1 lap
11. Aleix Espargaro ESP Power Electronics Aspar (ART CRT) 1 lap
12. Randy De Puniet FRA Power Electronics Aspar (ART CRT) 2 laps
13. Hiroshi Aoyama JPN Avintia Blusens (FTR-Kawasaki CRT) 2 laps
14. Colin Edwards USA NGM Forward Racing (Suter-BMW CRT) 3 laps 


DNF:
Cal Crutchlow
GBR Yamaha Tech 3 (YZR-M1)
Claudio Corti
ITA Avintia Blusens (Inmotec-Kawasaki CRT)
Hector Barbera
ESP Pramac Racing (GP12)
Jorge Lorenzo
ESP Yamaha Factory Racing (YZR-M1)
Stefan Bradl
GER LCR Honda MotoGP (RC213V)
Roberto Rolfo
ITA Speed Master (ART CRT)
Ivan Silva
ESP Avintia Blusens (FTR-Kawasaki CRT)
Nicky Hayden
USA Ducati Team (GP12)

Demikian Hasil Race Motogp Valencia 2012, sampai jumpa di Motogp 2013....
sumber: crash

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar