Hal-hal Tak Terduga Ini Baik untuk Tingkatkan Kesehatan

Bookmark and Share

 

Sebagian besar orang tahu olahraga adalah cara yang baik untuk membuat tubuh jadi sehat. Tapi tanpa disangka, beberapa hal berikut ini bisa meningkatkan kadar kesehatan seseorang.

Sebenarnya ada hal-hal tidak terduga dan mungkin banyak orang tidak menyadari bahwa kondisi ini baik untuk kesehatan. Berikut ini hal-hal yang bisa meningkatkan kesehatan seseorang, seperti dikutip dari Health24, Selasa (20/11/2012) yaitu:

1. Mengambil foto
Penelitian menunjukkan mengingat kenangan yang baik dan memiliki pandangan positif dari masa lalu dapat membantu meningkatkan kadar kebahagiaan dan kesehatan. Jika memiliki masalah pada kenangan indah, cobalah mengumpulkan kompilasi album foto beberapa momen favorit karena baik untuk kesehatan.

2. Berselancar di internet
Para peneliti dari University of California Los Angeles menemukan berselanjar di dunia internet bisa membantu meningkatkan kesehatan otak pada orang yang sudah berusia setengah baya dan lebih tua, serta dapat mencegah beberapa efek penuaan pada otak.

Studi ini juga menemukan browsing internet dapat merangsang area otak yang mengontrol bahasa dan memori, serta meningkatkan pengambilan keputusan dan penalaran yang rumit.

3. Menangis
Semua orang tahu bahwa tertawa itu baik bagi tubuh, tapi menumpahkan emosi melalui beberapa air mata juga baik untuk kesehatan. Peneliti dari University of South Florida menemukan 88,8 persen orang merasa lebih baik setelah menangis, karena membantu melepaskan zat kimia yang terkumpul di dalam tubuh selama stres. Untuk itu jika menonton film sedih atau melalui hari yang emosional, maka biarkakn air mata keluar dengan sendirinya.

4. Menikah
Statistik dan studi menunjukkan orang yang menikah bisa hidup lebih lama ketimbang lajang, karena akan merasa lebih bahagia, isolasi sosialnya berkurang dan membesarkan anak serta membangun keluarga dapat meningkatkan kadar kesehatan.

5. Melakukan pekerjaan rumah tangga
Meski bukan aktivitas favorit, tapi menjaga rumah tetap bersih dan rapi bisa membantu orang jadi fit dan sehat, serta menghindari penumpukan lemak di dalam tubuh. Sebuah jajak pendapat menemukan pada pekerjaan rumah tangga, rata-rata orang berjalan lebih dari 35 km dan membakar hampir 50.000 kalori dalam setahun.

Selain itu, penelitian yang dilakukan Cancer research UK menemukan melakukan pekerjaan rumah tangga dapat mengurangi risiko kanker payudara pada perempuan sebesar 30 persen pada orang yang pre-menopause dan 20 persen pada orang yang sudah menopause.

6. Bermain kotor
Memperhatikan kebersihan memang hal yang baik, tapi sedikit kotor-kotoran bisa menjadi hal yang lebih baik. Berlawanan dengan hal yang banyak dipercaya orang, menjadi terlalu steril tidak membuat orang jadi sehat.

Dalam sebuah penelitian ditemukan fakta bahwa paparan bakteri ramah yang ditemukan di tanah benar-benar bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi depresi.

7. Memiliki teman
Penelitian menunjukkan teman-teman yang ada dapat membantu seseorang hidup lebih lama dengan cara mengurangi depresi, stres dan perilaku berisiko lainnya. Sebuah studi yang dilakukan oleh Brigham Young University menemukan jaringan sosial yang baik dapat meningkatkan peluang kelangsungan hidup seseorang hingga 50 persen

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar