Doa Dan Keutamaan Shalat Hajat, Arab Latin

Bookmark and Share
Dan Mintalah Pertolongan Kepada Tuhan-mu Dengan Melaksanakan Sholat Dan Juga Dengan Sikap Sabar (QS Al-baqarah [2] : 45) Hajat Secara Harfiah Artinya Kebutuhan. Jika Kita Memiliki Kebutuhan Juga Ke Inginan, Rasulullah Menganjurkan Kita Untuk Shalat, Yakni Shalat Hajat.

Barang Siapa Mempunyai Kebutuhan (Hajat) Kepada Allah, Atau Dari Salah Seorang Manusia Dari Anak Cucu Adam, Maka Wudhulah Dengan Sebaik-baik Wudhu. Kemudian Sholat Dua Rakaat, (Shalat Hajat) Lalu Memuji Kepada Allah, Dan Mengucapkan Salawat Kepada Nabi Saw Setelah Itu. Mengucapkan "Laa illah illallohul haliimul kariimu, Subhaannallohi robbil arsyil azhiim... (HR Tirmidzi Dan Ibnu Majah)

Jadi Shalat Hajat Ini Adalah Shalat Sunnah Yang Di Lakukan Oleh Seorang Muslim Pada Ketika Ia Memiliki Hajat Atau Kebutuhan Tertentu Dan Dia Ingin Hajat Tersebut Di Kabulkan Oleh Allah SWT. Dan Beberapa Keutamaan Shalat Hajat Di Jelaskan Oleh Hadits Nabi SAW Berikut Di Bawah Ini.

"Siapa Yang Berwudhu Dan Sempourna Wudhu Nya, Kemudian Shalat Dua Rakaat (Shalat Hajat) Dan Sempurna Rakaat Nya Maka Allah Memberikan Apa Yang Dia Minta, Cepat Atau Lambat. (HR Ahmad)

Di Riwayatkan Dari Abu Sirah An-Nakh iy, Dia Berkata "Seorang Laki-laki Menempuh Perjalanan Dari Yaman, Di Tengah Perjalanan Keledai Nya Mati, Lantas Dia Mengambil Wudhu Lalu Shalat Dua Rakaat, Kemudian Ber do'a, Dia Mengucapkan "Ya Allah Sesunggguhnya Saya Datang Dari Negeri Yang Sangat Jauh, Guna Berjuang Di Jalan-mu Dan Mencari Ridh-mu, Saya Bersaksi Bahwasanya Engkau Menghidupkan Makluk Yang Mati Dan Membangkitkan Manusia Dari Kubur Nya, Jamganlah Engkau Jadikan Saya Berhutang Budi Terhadap Seseorang Pada Hari Ini. Pada Hari Ini aku Memohon Kepada Engkau Supaya Membagkitkan Keledai-ku Yang Telah Mati Ini". Maka Keledai Itu Bangun Seketika, Dan Mengibaskan Kedua Telinga Nya. (HR Baihaqi)

Shalat Hajat Ini Minimal Dua Rakaat Dan Maksimal Nya Dua Belas Rakaat Dengan Salam Dengan Setiap Dua Rakaat, Shalat Ini Bisa Di Lakukan Kapan Saja Asalkan Pada Tidak Waktu-waktu Yang Di Larang Untuk Melakukan Shalat, Seprti Saat Matahari Terbit Dan Terbenam Atau Pada Saat Menstruasi Pada (Wanita) Kita Bisa Melakukanya Siang Mau Pun Pada Malam Hari, Terserah Kapan saja Kita Bisa Juga Kapan Saja Kita Kehendaki.

Adapun Niat Shalat Hajat Adalah Sebagai Berikut Di Bawah Ini.

Ushallii Sunnatal haajati rak' aataini lillaahi ta'aala.

Artinya:    

"Aku Berniat Shalat hajat Sunnah Hajat dua rakaat Karena Allah Ta'ala".   

Di Dalam Kitab Tajul Jamil Lil ushul, Di Anjurkan Setelah Shalat Hajat Membaca (Istigfar 100 Kali) Seperti Kalimat Istigfar Yang Biasa Atau Membaca Istigfar Berikut Di Bawah Ini.

As tagfirullaha rabbi min kulli dzanbin wa atuubu alaiih.

Artinya:

"Aku Memohon Ampunan Kepada Tuhanku, Dari Dosa-dosa, Dan Aku Bertaubat Kepada-mu" 

Setelah Membaca Istigfar Lalu Membaca Shalawat Nabi (100 Kali) Yakni:

"Allahuma shalli alaa sayyidinaa Muhammaadin shalaatarridhaa wardha an ashaabihir ridhar 
 ridhaa"

Artinya:

"Ya Allah, Beri Karunia Kesejahteraan Atas Kunjungan Kami Muhammad, Kesejahteraan Yang Diridhai, Dan Ridailah Dari Pada Sahabat-sahabat Sekalian".

Setelah Itu Memohonlah Kepada Allah Apa-apa Yang Kita Ingin Kan Insya Allah, Allah Mengabulkanya. Amin, Dan Ikutilah Dengan Membaca Do'a Berikut Di Bawah Ini.

 

Laa ilaha illallohul kariimu subhaanallohi robbul arsyil azhiim. Alhamdu lillaahi robbil aalamiin. As Alauka muujibaati rohmatika wa azaaima maghfirrotika wal ghoniimata ming kulli birrin wassalaamata ming kulli itsmin. laa tada' lanadzanban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.

Artinya: 

"Tidak Ada Tuhan Selain Allah Yang Maha Lembut Dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan Pemelihara Arsy Yang Maha Agung. Segala Puji Bagi Allah Seru Sekalian Alam. Kepada-mu-lah Aku Memohon Sesuatu Yang Mewajibkan Rahmad-mu. Dan Sesuatu Yang Mendatangkan Ampunan-mu Dan Memperoleh Keuntungan Pada Tiap-tiap Kebaikan. Janganlah Engkau Biarkan Dosa Dari Pada Diriku, Melainkan Engkau Ampuni Dan Tidak Ada Sesuatu Kepentingan, Melaikan Engkau Beri Jalan Keluar, Dan Tidak Pula Sesuatu Hajat Yang Mendapat Kerelaan-mu, Melainkan Engkau Kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih Dan Penyayang".

Sekian Ucapan Terimakasih Saya By http://karya-mandau.blogspot.com/2012/11/doa-dan-keutamaan-shalat-hajat-arab.html   
 

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar