Cara Membuat Karikatur Digital

Bookmark and Share




Jasa karikatur – Sebelum penggunaan aplikasi software seperti photoshop, coreldraw dan apliksi lainya yang sering digunakan pada dunia karikatur, pembuatan karikatur masih sangat manual, yang bermodalkan secarik kertas atau kanvas, dan peralatan lainnya seperti pensil, cat air, dll.

Namun kini karikatur sedikit mulai berubah yakni dengan penggunaan beberapa software yang mendukkung pembuatan karikatur, atau yang lebih dikenal dengan karikatur digital. Dengan peralatan modern dan sentuhan dari sang senimana menjadikan karikatur digital semakin berkembang dan banyak diminati.

Tak hanya itu saja karikatur digital lebih mudah digunakan, bahkan orang awam dalam bidang seni karikatur pun bisa memiliki kesempatan belajar menguasai karikatur digital ini.

Berikut beberapa tutorial singkat cara membuat karikatur digital :

Langakah pertama. persiapkan kemudian buka foto dengan aplikasi Photoshop CS3. Cara membuat karikatur digital yg dibuat di sini akan dibuat dgn kepala kebesaran dan badan yg kecil. Anda bisa memakai foto setengah badan atau foto seluruh badan.

Langkah kedua. Tuk membuat besar di bagian kepala, pilih bagian kepala saja menggunakan [Lasso Tool] bergambar tali. Klik dan tarik mouse pointer memutari bagian kepala dan badan. Pastikan bagian kepala berada di tengah seleksi.

Langkah ketiga. Klik [Filter] > [Distort] > [Spherize...] tuk menghadirkan boks dialog Spherize. Filter ini bisa membuat kepala membesar. Klik-tarik slide bar Amount hingga mencapai nilai 100% supaya kepala membesar maksimal. Sesudahnya klik [OK].

Langkah keempat. sekarang bagian kepala sudah membesar. Tuk membesarkan bagian wajah lainnya seperti hidung dan telinga, klik [Filter] > [Liquify...]. Pada boks Liquify yg muncul, klik tombol [Forward Warp Tool] bersimbol tangan, atau tekan tombol [W] pada keyboard.

Langkah kelima. Klik-tarik di bagian wajah yg hendak dimulurkan. contohnya hidung, bisa dibuat jadi lebih mancung dgn menarik ujungnya. Ukuran pointer bisa Anda perbesar, disesuaikan dgn ukuran bagian yg hendak diolah. Tuk melakukannya, Anda bisa mengakses menu slide bar Brush Size di sisi kanan jendela.

Langkah keenam. kerjakan hal yg sama pada bagian wajah lain yg hendak dilebihlebihkan. Jika sudah, klik [OK] tuk menerapkan filter tersebut pada foto.

Langkah ketujuh. Gambar karikatur biasanya dibuat dgn tangan. Anda pun bisa membuat karikatur digital seolah tercipta dari goresan tangan dan pulasan cat air. Pertama gandakan dulu layer foto Background dgn menekan [Ctrl] + [J] pada keyboard. Jika sudah, pilih layer baru dan klik [Filter] >[Artistic] > [Watercolor...].

Langkah kedelapan. Atur tiga slider bar yg ada di sisi kanan jendela Watercolor tuk membikin foto seakan terbuat dari pulasan cat air. Jika sudah, klik [OK].

Langkah kesembilan. bikin efek coretan pensil warna. Klik layer Background, lalu klik [Filter] > [Artistic] > [Colored Pencil...]. wait.. hingga jendela Filter muncul. atur ketiga slide bar di sisi kanan. Atur slide bar Paper Brightness ke angka 50. Atur pula dua slide bar lain sampai mencapai tampilan gambar yg pas. Sudahi dgn mengklik [OK].

Langkah kesepuluh. Klik layer hasil duplikasi yg sudah diberi filter cat air. Turunkan nilai opacity dari layer tersebut ke angka sekitar 50 sampai 70 persen. Tujuannya supaya outline dari pensil warna terlihat. apabila sudah, klik [Layer] > [Flatten Image] tuk menggabungkan semua layer. Terakhir simpan atau cetak gambar hasilnya

Sumber: http://manise777.multiply.com


Selamat mencoba

Info Terkait:


{ 1 komentar... Views All / Post Comment! }

Rizal Romadhoni Hidayatullah mengatakan...

Really good to know about it. I am extremely happy
so nice pasang cctv surabaya

Poskan Komentar