Samboja

Bookmark and Share
Samboja merupakan sebuah kecamatan yang terletak di wilayah pesisir Kabupaten Kutai Pesisir, yaitu Kabupaten yang baru terbentuk di Provinsi Kalimantan Timur.
Kecamatan Samboja memiliki luas wilayah mencapai 1.045,90 km2 yang dibagi dalam 21 kelurahan. Pada tahun 2008 jumlah penduduk kecamatan ini mencapai 100.693 jiwa.
Kecamatan ini merupakan salah satu wilayah penghasil minyak bumi dan gas alam (migas) terbesar di Kalimantan Timur.
Di samping banyaknya perusahaan yang berkembang saat ini, Samboja juga masih banyak memiliki lahan - lahan kosong yang masih relatif murah yang membuat wilayah ini tumbuh pesat di antara wilayah-wilayah lain di Kalimantan Timur, Tiga perusahaan besar sektor migas multinasional yang beroperasi di wilayah samboja adalah Total E&P Indonesie, VICO Indonesia dan Chevron (dulu UNOCAL). Selain itu, kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kota Balikpapan dan Selat Makassar ini terkenal oleh dunia sebagai wilayah Rehabilitasi orangutan yang berada di Wanariset Samboja.
Kecamatan samboja mempunyai Obyek Wisata yang menarik untuk di kunjungi antara lain
Taman Wisata Tanah Merah di kelurahan Tanjung Harapan dan Taman Wisata Alam Bukit Bangkirai. Bagi anda yang ingin berdomisili di Samboja jangan pernah ragu karena Kecamatan ini tumbuh sangat pesan di Kabupaten Kutai Pesisir. Kecamatan Samboja terdiri dari 21 kelurahan antara lain :
1. Teluk Pemedas
2. Wonotirto
3. Argosari
4. Beringin Agung
5. Bukit Merdeka
6. Bukit Raya
7. Handil Baru
8. Karya Jaya
9. Karya Merdeka
10. Margomulyo
11. Muara Sembilang
12. Salok Api Darat
13. Salok Api Laut
14. Samboja Kuala
15. Sanipah
16. Sei Merdeka
17. Sungai Seluang
18. Tani Bakti
19. Tanjung Harapan
20. Amborawang Darat
21. Amborawang Laut

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar